Minggu, 21 September 2008

Kanda Pat – saudara dan malaikat manusia part 1

OM A NO BHADRAH KRATAWO YANTU WISWATAH
OM NARAYANA, OM SARASWATI JAYA
OM AWIGHNAM ASTU

Mungkin orang bali sudah banyak yang mengetahui tentang adanya saudara kita (manusia) yang dilahirkan bersama kedunia ini yang tidak bisa kita lihat dengan kast mata tetapi saudara kita tersebut selalu membantu serta bersama kita dalam keadaan apapun. Mungkin ada yang bilang bahwa mereka itu malaikat manusia tetapi ada juga yang mengatakan bahwa mereka itu bagian dari kita yang merupakan manifestasi dari pada dewata yang selalu menyertai kita sebagai manusia. Saudara –saudara kita itu sering disebut kanda pat (saudara empat). Dalam kepercayaan orang bali, kanda pat sering dibagi menjadi tida yaitu:
  • Kanda Pat Bhuta: saudara kita yang masih bersifat kasar, sangat mendasar seperti halnya para Bhuta kala tetapi selalu setia pada saudaranya yang sangat sulit dipisahkan. Sifatdasarnya setia, keras dan panas.
  • Kanda Pat Manusa: merupakan saudara kita yang sudah mempunyai sifat seperti halnya seorang manusia seutuhnya.
  • Kanda Pat Dewa: merupakan saudara kita yang sudah mempunyai kedudukan setara dengan para dewata, bahkan saudara kita ini merupakan para dewata yang mempunyai kedududkan sangat penting.
Ketiga pembagian diatas hanyalah kemampuan seseorang saat mengetahui jati dirinya. Sejatinya ketiga itu adalah sama, tidak ada bedanya, tidak ada tingkatan tetapi sejauh mana seseorang bisa mempelajari jati dirinya.
Disini akan diceritakan dengan singkat prihal saudara kita tersebut, mulai dari saat terbentuknya kita hingga kita kembali sisi Tuhan YME (Ida Sang Hyang Widhi Wasa). Mungkin ada yang tidak percaya, tetapi begitulah adanya…
Setiap Dewa/Atma merupakan percikan terkecil dari Tuhan, dalam tubuh kita terdapat Atma, Kita adalah Dewa itu sendiri, Kita adalah mahluk cahaya, sehingga kita juga memiliki kemampuan sama dan memiliki status yang sama di hadapan TUHAN. Maka pelajarilah jiti diri kita…
Untuk memulai pengetahuan ini, mari pahami yang dibawah ini…
Maaf masih dalam bahas daerah bali, karena memang pengetahuan ini ditemukan di Bali
Semoga bermanfaat…

Iki kaweruhakena maka purwa kanda nira andadaeken kandanta manusa ngaran, iki maka purwaning mijil kang kanda empat ngaran, semalihne wenang kaweruhkena iki kalinganta kuna, ngaran kanda empat semalih elingakena sadukta Bapanta lagi jajaka muang sang Ibunta lagi jajaka ika kaweruhakena ngaran semalih duk Bapanta matemi liring maring Ibunta hana mijil saking adnyana sandi iki mahangaran Sang Hyang Surya Candra, ngaran ika manerus maring panonro ngaran ika maharan Sang Hyang Arda Nareswari ngaran angganta Sang Hyang Asmara Aneleng.
Samalih wawu maucap-ucap, Bapanta ring Ibunta, hana mijil rasa saking daleming wredaya, anerus maring lambe ngaran angganta maharan Sang Hyang Panuntun Iswaramadu ngaran.
Samalih wawu Bapanta anggarepe susunira sang Ibunta, hana rasa mijil saking lepaning tangan kalih, ika maharan Sang Hyang Purusa napatan ngaran angganta maharan Sang Hyang Panguriping Jiwa ngaran.
Samalih wawu saharas Bapanta maring sang Ibunta, hana rasa umijil saking daleming taman sari, ika maran Sang Hyang Maruta Tunggal ngaran. Anerus maring tungtunging grana, ngaran angganta maharan Sang Hyang Sambu ngaran.



Bersambung ke Kanda Pat – saudara dan malaikat manusia part 2

mantra Orang Bali

Apa itu tujuan mantra..
Bagaimana cara pengucapan mantra
Serta bagaimana tata cara menggunakan mantra tersebut..

Disini akan dipaparkan secara ringkas mengenai beberapa mantra, khususnya mantra yang biasanya digunakan oleh para Balian atau penggemar kedigjayaan di bali. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda para penggemar ilmu kedigjayaan.

Ini yang wajib diketahui oleh pengguna mantra:
• Kanda Mantra / Tingkahing Mamantra : Salewiring mantrayang, yen dereng nyarik, awya mangkana, sidi mantran (tatwan nira) yan mangkana.
• Yan sira memantra, iki linggihang rumuhun:
Bhatara Guru, bonkoling lidah, madyaning lidah. Bhatari Bagawati, pucuking lidah.
Kalika joti srana, bongkoling lidah, Sang Hyang Kedep, madyaning lidah, Sang Hyang Sidhi, pucuking lidah.
Sang Hyang Mandi, Sang Hyang tri mandi ring cipta, Sang Hyang mandi wisesa, bayunta, Sang Hyang sarpa mandi, ring sabda.
Mandi saparaning wuwus….!!!

Iki Pengater Mantra
Fungsinya untuk mengawali sebuah mantra pokok, atau bias disebut sebagai pengantar mantra. Biasanya dipakai pada saat seseorang mentransfer kasiat dari mantra ini kepada orang lain.
Ma : Ong ang ung, teka ater 3x, ang ah, teka mandi 3x, ang.

Iki Pengurip Mantra
Fungsinya untuk menghidupkan mantra yang akan diucapkan atau menghidupkan mantra pokok. Mantra ini juga biasanya dipergunakan setelah pengater mantra.
Ma : Ang urip ung urip mang urip, teka urip 3x, bayu urip sabda urip idep urip, teka urip 3x, jeneng.
Atau boleh juga menggunakan mantra ini:
Ong betare indra turun saking suargan, angater puja mantranku, mantranku sakti, sing pasanganku teka pangan, rumasuk ring jadma menusa, jeneng betara pasupati. Ong ater pujanku, kedep sidi mandi mantranku, pome.

Iki Surya Kembar
Ajian surya kembar ini, berfungsi agar orang lain atau musuh menjadi silau melihat pemakai mantra ini. Biasanya orang yang menggunakan mantra ini akan menjadi lebih berwibawa.
Ma : Ong netranku kadi surya kembar, asing galang teka ulap, asing meleng teka ulap, asing mapas teka ulap, teka ulap 3x, buta teka ulap, dewa betara teka ulap, jadma manusa teka ulap, ong desti leak ulap.

Iki Pengasih
Fungsinya agar setiap orang yang bersama kita menjadi lebih asih, lebih sayang dan lebih menurut kepada pemakai mantra ini.
Ma : Teka sinang 3x, teka waye 3x, paripurna ya namah swaha.


Iki pyolas
Dari asal katanya mantra ini berarti meminta belas kasih seseorang (wanita). Mantra ini berfungsi seperi guna-guna yang akan memikat hati seseorang yang akan dimantrai sehingga orang tersebut mau menuruti apa kehendak pengguna mantra ini. Adapun sarana mantra ini adalah rokok, yang ditiupkan tiga kali kepada target (orang yang diinginkan).
Ma : Om sangiang gni rumusup atine….. gadak uyang atine… aningalin awak sariranku, kedep sidi mandi mantranku, lah pomo.

Sesirep
Ajian sesirep, agar seseorang atau beberapa orang di suatu tempat yang dimantrai menjadi tertidur. Sikap yang menggunakan harus asidakep,
Ma : Om brahma sirep, manuse sirep, kala sirep, anata riarepku,teke mendek, masidakep, rep sirep, kukul dungkul kukul, rep sirep.

Pangurip sarana
Ini untuk mengihupkan yoni suatu barang atau sarana.
Ma : Om bayu sabda idep, urip bayu, urip sabda, urip sarana, uriping urip, ya nama swaha. Urip 3x

Pangurip rerajahan
Ini untuk menghidupkan yoni erajahan atau kaligrafi.
Ma : Om aku sakti, urip hyang tunggal, lamun urip sang hyang tunggal, urip sang hyang wisesa, teka urip 3x

Pangijeng dewek lwih
Ini untuk menjaga diri saat be-pergian jauh atau yang belum dikenal ataupun ke tempat angker. Sarana dengan membayangkan ibu pertiwi (didalam tanah) dan bapa angkasa (bapak di atsa langit).
Ma : Ih, meme rambut gĕmpĕl, masusu lambih, pyak kaja pyak kelod pyak kangin pyak kauh, lah pada pyak ingsun di tengah, poma 3x

Iki Pamancut salwiring guna
Ini untuk menghilangkan guna-guna pada seseorang (kaliput baan guna). Sarana air di batok areng, atau Yeh pasereyan tunun, mandikan yang sakit tersebut.
Ma : idep aku meme bapa pertiwi akasa, saguna japa mantra lekas, sama kamisayan, satru musuhku wus, kabancut 3x.

Iki Punggung tiwas
Ini untuk mantra pengubatan, yang dibali dikenal dengan sebutan PUNGGUNG TIWAS. Caranya engkahin/tiup siwa dwaran (kepala) orang yang sakit.
Ma : Om beh sang sem em 6x, waras.
Bila berkeinginan untuk wisesa sakti, letakkan padma wredaya di dalam tubuh, berbadan brahma.
Ma : ang brahma ngesam ya namah, (uyup 3x)